Apa Itu Ruqyah?


Alamat dan Nomor Telepon Praktisi Ruqyah Lampung
Perumnas BKP (Bukit Kemiling Permai) Blok j no. 51
HP/WA :  082311685474

Bagi orang yang baru mengenal istilah ruqyah tentu saja belum familiar dengan kata ini. Karena banyaknya ragam dalam praktek rukyah di masyarakat, maka makna ruqyah semakin luas. Dalam bahasan kali ini, kita akan meenecoba menjabarkan makna ruqyah yang benar atau disebut juga ruqyah syar’iyyah.

Apa Itu Ruqyah? Kata Ruqyah menurut bahasa adalah perlin­dungan. Sedangkan menurut istilah dalam syariat Islam, ruqyah adalah bacaan yang terdiri dari ayat al-Qur’an dan hadits yang shahih untuk memohon kepada Allah akan kesembuhan orang yang sakit. Dalil keberadaan ruqyah dalam al-Qur’an adalah firman Allah yang artinya: ”Dan kami turunkan dari al-Qur’an suatu yang menjadi kesembuhan dan rahmat bagi orang-orang yang beriman…” (al-Isra’: 82). Adapun dalil dari hadits banyak sekali, diantaranya adalah: Aisyah radhiallahu’anha bercerita, ketika Rasulullah masuk rumahnya, saat itu dia sedang mengobati atau meruqyah seorang wanita. Maka beliau memerintahkan, ”Obatilah ia dengan al-Qur’an.” (HR. Ibnu Hibban dalam kitab shohihnya no. 1419).

Sedangkan kata Ruqyah dalam pengertian bahasa sudah ada sejak sebelum diutusnya Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, bahkan ada yang mengatakan keberadaan ruqyah seiring dengan keberadaan manusia sendiri. Untuk itulah dalam sebuah riwayat disebutkan, Rasulullah menyeleksi ruqyah-ruqyah yang dimiliki para shahabat, barangkali ada bacaan ruqyah mereka yang tidak sesuai dengan Aqidah Islamiyah. Sedangkan ruqyah yang diperbolehkan adalah rukyah berdasarkan al quran. Auf bin Malik al-Asyja’iy berkata, “Kami pada zaman jahiliyyah pernah melakukan ruqyah, apa pendapat Anda wahai Rasulullah?” Beliau bersabda, “Perdengar­kanlah ruqyah kalian kepadaku, ruqyah itu tidak apa-apa selama tidak bermuatan syirik.” (HR. Muslim, no. 2200).

Baca Juga : Dalil Disyariatkannya Ruqyah

Menurut Pengertian terminologi ruqyah adalah al-‘udzah (sebuah perlindungan) yang digunakan untuk melindungi orang yang terkena penyakit, seperti panas karena disengat binatang, kesurupan, dan lain sebagainya. Sedangkan makna ruqyah secara etimologi syariat adalah doa dan bacaan-bacaan yang mengandung permintaan tolong dan perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk mencegah atau mengobati bala dan penyakit. Terkadang doa atau bacaan itu disertai dengan sebuah tiupan dari mulut ke kedua telapak tangan atau anggota tubuh orang yang meruqyah atau yang diruqyah.

Demikianlah artikel mengenai Apa Itu Ruqyah? Semoga dapat menambah pengetahuan kita. Jangan lupa gunakan ruqyah yang syar’iyyah saja ya.