Pusat Informasi Ruqyah di Lampung

Follow by Email

Mengapa Harus Ruqyah Syar'iyyah?


Alamat dan Nomor Telepon Praktisi Ruqyah Lampung
Perumnas BKP (Bukit Kemiling Permai) Blok j no. 51
HP/WA :  082311685474

Ruqyah merupakan bacaan atau jampi yang dibaca menurut Alquran dan sunnah dalam mengharapkan kesembuhan atau perlindungan Allah. Esensi ruqyah syariyyah adalah tauhid kepada Allah ta’ala. Kita harus meemurnikan peengharapan hanya kepada sang pemberi hidup dan kehidupan, sehingga kita terhindar dari bahaya syirik yang menegancam aqidah. Inilah yang menyebabkan meengapa harus ruqyah syar’iyyah.

Ruqyah yang syar’iyyah memiliki beberapa ketentuannya tertentu. Jika tidak memenuhi kriteria tersebut maka ruqyah tersebut bisa dikatakan tidak syar'i, yakni serupa dengan jampi-jampi yang dilakukan oleh para dukun. Kriteria ruqyah yang syar’i (yang sesuai syariat Islam) dijelaskan berikut ini:

  • Bacaan ruqyah dengan menggunakan ayat Al Qur’an, do’a yang syar’i atau yang tidak bertentangan dengan do’a yang dituntunkan oleh Rasulullah SAW.

  • Menggunakan bahasa Arab kecuali jika tidak mampu menggunakannya.

  • Tidak bergantung pada ruqyah karena ruqyah hanyalah sebab yang dapat berpengaruh atau tidak.

  • Isi ruqyah jelas maknanya.

  • Tidak mengandung do’a atau permintaan kepada selain Allah (semisal kepada malaikat, jin, atau makhluk lainnya).

  • Tidak mengandung ungkapan yang diharamkan, seperti celaan.

  • Tidak menyaratkan orang yang diruqyah mesti dalam kondisi yang aneh seperti harus dalam keadaan junub, harus berada di kuburan, atau mesti dalam keadaan bernajis.

Baca Juga : Bacaan Ruqyah Dari Alquran

Sebagaimana dinukil dari "Fathul Majid", Imam As-Suyuthi berkata, “Ruqyah itu dibolehkan jika memenuhi tiga syarat: Bacaan ruqyah dengan menggunakan ayat Al Qur’an atau nama dan sifat Allah. Menggunakan bahasa Arab atau kalimat yang mempunyai makna (diketahui artinya). Harus yakin bahwa ruqyah dapat berpengaruh dengan izin Allah, bukan dari zat ruqyah itu sendiri.”

Dari kriteria-kriteria di atas dapat kita jadikan tolok ukur untuk dapat mengkategorikan mana praktik ruqyah yang benar dan mana yang menyimpang. Jika si pelaku menggunakan mantera-mantera yang tidak jelas maknanya, menggunakan do’a yang tidak dipahami bahkan bahasa yang digunakan pun tidak kita kenal, atau menyembuhkan dengan jalan memindahkan penyakit yang diderita ke hewan, maka hal seperti ini dikategorikan sebagai tindak perdukunan. Lebih terlarang lagi apabila di dalamnya menggunakan jampi-jampi yang jelas-jelas mengandung kesyirikan, meminta tolong pada jin, atau meminta agar kita menyembelih hewan tertentu untuk jin.

Demikian artikel Mengapa Harus Ruqyah Syar'iyyah? Hal ini penting untuk menjaga tauhid kita serta memurnikan syahadat kita. Jangan terpancing dengan isu-isu yang tidak benar terkait peengobatan dan ruqyah ya, karena pada hakekatnya kesembuhan hanya bersumber dari Allah ta’ala. Selalu bentengi diri dengan zikir dan doa.
Labels: ALAMAT DAN NOMOR TELEPON TEMPAT RUQYAH DI BANDAR LAMPUNG, Alamat Ruqyah Di Bandar Lampung, alamat ruqyah di indonesia

Thanks for reading Mengapa Harus Ruqyah Syar'iyyah?. Please share...!

Back To Top