TIPS MEMBUAT RUMAH MENJADI TEMPAT YANG BERKAH DENGAN ALQURAN

TIPS MEMBUAT RUMAH MENJADI TEMPAT YANG BERKAH DENGAN ALQURAN

Berkah merupakan suatu kebaikan yang berlimpah, yang diberikan Allah kepada siapapun yang Dia kehendaki. Hal ini dapat kita rasakan karena Allah lah sang maha pemberi lagi maha pembagi. Rumah yang megah dapat dirancang dan dibangun namun kenyamanan dan ketentraman dalam rumah bisa dimiliki oleh siapapun bukan hanya orang yang berumah mewah. Rumah berdinding susunan papan dengan alas ubin semen biasa dapat menjadikan sebuah keluarga tentram penuh berkah dengan lantunan ayat suci Alquran yang dibaca terbata oleh anak pasangan ayah dan ibu di rumah itu. Begitulah Allah, sang maha pemberi lagi maha pembagi.

Keberkahan dapat dirasakan manfaatnya, walau sekecil apapun nilainya, tetap dapat dirasa cukup dan membahagiakan. Seperti contoh dari segi makanan. Rasulullah SAW pernah berkata:

makanan untuk satu orang, cukup untuk dua orang, makanan untuk dua orang, cukup untuk dua atau tiga orang dan makanan untuk 3 orang, cukup untuk 4 atau 5 orang.”

Rasulullah berpesan bahwa: “Berjamaahlah kalian dalam menyantap makanan dan sebutlah nama Allah didalamnya, maka Allah akan melimpahkan keberkahan.”

Maasyaa Allah. Begitupun makanan yang kita makan. Jika hanya makanan kaya nutrisi saja yang bias menjadikan tubuh manusia tumbuh dan berkembang, mungkin anak-anak yang kurang mampu tidak akan dapat bertahan dalam kehidupan karena makan yang mereka makan seadanya. Begitulah Allah sang maha pemberi lagi yang membagi. Banyak juga kita dapati orang yang berilmu tumbuh dari keterbatasan makanan.

Adapun tips-tips dalam menjadikan rumah penuh dengan keberkahan dan kebaikan dari Allah SWT diantaranya yaitu:

  1. Mengucap salam dan berdoa ketika masuk dan keluar rumah


Selalu mengucapkan salam ketika masuk kedalam rumah dan berdoa ketika keluar dari rumah. Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa: ‘’Jika kamu hendak masuk rumah, maka sebaiknya kamu ucapkan salam, karena hal itu akan membawa keberkahan bagimu dan keluargamu.’’ (HR. At-Tirmidzi)

Doa keluar dari rumah:

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah aku bertawakkal hanya kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan melainkan atas pertolongan Allah“.

  1. Membaca ayat-ayat Al-Qur’an ketika di dalam rumah


Rumah yang penuh berkah merupakan rumah yang didalamnya berisikan orang-orang yang taat kepada Allah, yang senantiasa menjaga hari-harinya dengan ayat-ayat Allah dan berinteraksi dengan Al-Qur’an serta selalu melibatkan Allah dalam setiap keadaan, sehingga Allah mengutus MalaikatNya untuk memberikan nur atau cahaya didalam rumah itu dan membuat para penghuninya merasa aman, tentram, bahagia, dan betah di rumah. Rasulullah bersabda:

Bacalah Al-Qur’an, karena ia akan memberikan syafaat (pembelaan) pada hari kiamat“.

Perbanyaklah membaca Al-Qur’an di rumahmu, sesungguhnya di dalam rumah yang tidak ada orang yang membaca Al-Qur’an, akan sedikit sekali dijumpai kebaikan di rumah itu, dan akan banyak sekali kejahatan, serta penghuninya selalu merasa sempit dan susah“.

  1. Di uasahakan tidak ada patung maupun lukisan atau foto yang dipajang di rumah.

  2. Biasakan untuk tidak menghidupkan televisi, radio, musik, mainan, gadget, dan lain-lain saat waktu-waktu terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah.

  3. Membaca ayat-ayat terakhir dari surat Al-Baqarah


Rasulullah bersabda:

Artinya: “Bacalah surat Al Baqarah di rumah-rumah kalian karena setan tidak akan masuk ke dalam rumah yang dibacakan surat Al Baqarah di dalamnya. “(HR. Al Hakim).

Artinya: “Dan sesungguhnya Allah turunkan darinya dua ayat penutup surat Al Baqarah. Tidaklah dua ayat tersebut dibaca didalam rumah selama tiga malam berturut-turut lalu setan mendekatinya (setan tidak akan mendekati rumah yang dibacakan dua ayat terakhir Surat Al Baqarah selama tiga malam)”. (HR. Imam Ahmad).

  1. Menjadikan rumah tempat berdzikir kepada Allah SWT


Dengan berdzikir atau mengingat Allah, Insyaa_Allah keberkahan Allah akan turun pada keluarga kita. Allah akan memberkahi rumah kita, karena rumah kita selalu dijadikan tempat untuk berdzikir. Sebagai hamba Allah seharusnya kita selalu tahu diri bahwa kita ini bukan apa-apa, kita tidak bisa sendiri tanpa bantuan Allah dalam segala hal. Oleh karenanya, berdzikirlah, dekatilah Allah Sang Maha Pemberi.

Dari Abu Dzar berkata, “Demi Ayah dan Ibuku, berilah Aku wasiat Ya Rasulullah!” Rasulullah menjawab, “Aku berwasiat kepadamu agar bertaqwa kepada Allah, karena Dia merupakan pangkal segala urusan.” Abu Dzar berkata, “Tambahlah ya Rasulullah!” Jawab beliau, “Hendaklah kamu membaca Al-Qur’an dan banyak mengingat Allah, karena itu akan membuatmu disebut-sebut di langit.” (Shahih Ibnu Hibban dalam syarah Hadits Arba’in).

Rasulullah bersabda:

Perumpamaan rumah yang dijadikan sebagai tempat mengingat Allah dan rumah yang tidak dijadikan sebagai tempat mengingat Allah adalah bagaikan perbedaan antara orang yang hidup dan mati.” (HR. Muslim).

Oleh karenanya, biasakanlah berdzikir didalam rumah, bisa dilakukan sehabis sholat, atau dilakukan bersama-sama dengan keluarga, sambil duduk, sebelum tidur atau kapanpun ada waktu, gunakanlah untuk berdzikir sesering mungkin.

  1. Para penghuninya selalu patuh dan taat dalam melaksanakan perintah Allah SWT


Membentuk para penghuni rumahnya agar selalu berkepribadian yang islami, menghidupkan suasana didalam rumah secara Islami, menanamkan nilai-nilai keislaman didalam rumah, mengkokohkan keimanan, menumbuhkan kecintaan pada Al-Qur’an, dan selalu menghidupkan sunnah-sunnah Rasul didalam rumahnya. Insyaa_Allah, keberkahan dari Allah akan datang didalam rumah itu.

Allah berfirman yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (Q.S. At-Tahrim: 6).

  1. Jadikan rumah sebagai tempat beribadah


Allah berfirman yang artinya: “Dan Kami wahyukan kepada Musa dan saudaranya: “Ambillah beberapa rumah di Mesir untuk (tempat tinggal) kaummu dan jadikanlah rumah-rumahmu itu sebagai tempat ibadah dan  laksanakanlah shalat serta gembirakanlah orang-orang mukmin“. (QS. Yunus: 87)

Oleh karena itu, dirikanlah sholat didalam rumah bersama keluarga tercinta. Karena rumah yang dijadikan tempat untuk beribadah dan bersujud kepada Allah akan diberikan sinar dan cahaya didalam rumah tersebut.

 

  1. Meruqyah rumah dengan ruqyah syar iyyah apabila dirasakan ada gangguan yang tidak wajar dirumah. Teknisnya dapat dibaca pada artikel
    CARA MEMBUAT RUMAH NYAMAN DENGAN RUQYAH SYARIAH RUMAH

    Tim lampung ruqyah center


    0823 1168 5474


    Kemiling Bandar lampung



No comments:

Post a Comment